Tips Mempertahankan Konsumen Warnet

Tentunya kita pernah bertanya-tanya, mengapa sebuah warnet yang tadinya rame mendadak bisa menjadi sepi atau kalah dengan warnet yang tidak jauh dari tempatnya. Berikut adalah beberpa faktor yang perlu diperhatikan agar dapat mempertahankan konsumen warnet.

 

1. Sapalah konsumen dengan baik.

Bagi Operator warnet sebaiknya orang yang bersifat “supel” atau mudah bergaul Maksudnya adalah, ketika konsumen dateng ke Warnet kita, sambutlah dengan senyum, sedapat mungkin ucapkan selamat pagi atau siang.

Point pertama sudah kita dapatkan berupa kesan “ramah”.Biarpun Sebagian User Warnet Game Online Remaja Atau anak kecil , tetap kita sambut tidak perlu formal yang penting terkesan “dekat” .

 

2. Tanyakan apa keperluannya.

 Kita harus pro aktif menanyakan terlebih dahulu apa keperluan konsumen dengan ucapan “ada yang perlu saya bantu?”,

Sangat efektif untuk Warnet biasa tanpa Game Online tapi untuk Warnet Game Online , sepertinya hal ini tidak perlu di tanyakan karena sudah pasti jawabannya yaitu bermain Game Online

 

3. Berikan kualitas terbaik.

Setiap produk yang kita berikan harus yang terbaik. Jangan sekali-kali kita memberikan kepada konsumen asal asalan. Hal ini akan menciptakan kesan buruk bagi pelanggan terhadap produk yang kita jual.

Semisal tinta Print yang sudah hampir habis tetap dipaksakan untuk ngeprint nanti pasti hasil printnya menjadi kurang baik, atau untuk Personal Computer yang di sediakan memiliki performa yang kurang baik seperti banyak virus atau terkesan “lemot”.

 

4. Berikan harga yang wajar.

Pada tingkat persaingan yang ketat harga suatu layanan warnet sangat menentukan. Untuk menggunakan layanan warnet konsumen selalu memilih tempat yang sesuai dengan kantong mereka.

Berikan mereka dengan harga sewa warnet yang wajar tapi tetap dibarengi kualitas yang baik, basanya konsumen akan balik lagi ke tempat kita.

 

5. Ciptakan kekeluargaan.

 Maksud saya, pada saat proses pemberian pelayanan berlangsung kita jangan bersikap monoton. Libatkan mereka dalam suatu obrolan yang ringan-ringan, misalnya menanyakan tempat tinggal atau bisa juga menanyakan tentang keluarga mereka. Hal ini dimaksudkan untuk menciptakan hubungan.

 

6. Sistem Membership

Hal ini sudah di terapkan dan tentunya berhasil, dengan trik membership maka konsumen akan menjadi pelanggan tetap karena memiliki akses “member” yang lebih murah di bandingkan paket Personal biasa. Sistem membership ini juga “mengunci” pelanggan agar tidak pindah kewarnet sebelah.

 

7.Kerjasama Dengan Publisher Game

Khusus untuk warnet khusus Game Online Kerjasama dengan publisher game semisal mengadakan Event di warnet, atau kompetisi game ini salah satu trik jitu promosi warnet .

Cek saja DiLo , salah satu Warnet Game Online terbesar di Indonesia , DiLo selalu mengadakan Event atau kerjasama dengan publisher game hingga menjadi terkenal seperti sekarang.

 

8. Fasilitas yang memadai

Fasilitas utama seperti Komputer user sebaiknya sangat amat di perhatikan , selalu cek Update Game terbaru, atau semisalnya ada Game Terbaru , rajin membersihkan PC semisalnya 3 bulan sekali . Dan Fasilitas pendukung juga sebaiknya di perhatikan seperti tempat parkir, atau bisa juga sediakan makanan dan minuman ringan + rokok selain untuk tambahan penghasilan warnet ini juga salah satu kunci untuk merubah konsumen warnet Anda menjadi pelanggan tetap.Kemudian kebersihan Warnet , sebagus apapun warnet jika kurang bersih akan menyebabkan rasa kurang nyaman di hati para konsumen jadi untuk para Operator sebaiknya usahakan kebersihan tetap di jaga.

Berita Warnet Lainnya