Tips Tahapan mendirikan Warnet

Bisnis warnet dewasa ini sudah amat sangatlah menjamur, layaknya pepatah ada gula ada semut, itulah kenapa bisnis warnet begitu digemari para pengusaha. Bukan karena di dalam warnet ada gulanya lho, hehe,,,  

Semua orang mencoba peruntungannya dalam bisnis ini. Ada yang sukses dengan baik, namun ada pula yang belum mencapai titik suksesnya. Sebelum melangkah ke tips sukses menjadi pengusaha warnet, terlebih dulu saya akan berikan beberapa tahapan dalam mendirikan warnet, yaitu:

1. Cari tempat yang ramai sebagai lokasi warnet anda. Misalnya dekat pasar, rumah sakit, sekolah, restoran atau tempat ramai lainnya yang anda ketahui.

2. Selanjutnya adalah pembelian perangkat komputernya, kalau anda pengen warnetnya cuma buat browsing-browsing saja tanpa game online (warnet standar), spesifikasi komputernya nggak usah berat-berat. Cukup Pentium IV 1,8Ghz, RAM 512 MB, VGA 128 MB, Hardisk 40 GB saja. Tapi kalau anda pengen warnetnya ada game onlinenya, spesifikasinya harus lebih besar, yaitu : Pentium Dual Core 2Ghz, minimal RAM 1 GB (2 GB lebih baik), VGA 512 MB, Hardisk 250 GB. Itu semua pakai keyboard dan mouse ya, ntar mentang-mentang nggak ditulis, nggak kehitung lagi, o ya jangan lupa headsetnya juga, untuk yang game online kebanyakan nggak pakai headset tapi speaker kecil, biar lebih seru. Trus Tampilannya pakai LCD, kalau game online kasih yang gede 17″, kalau yang buat browsing-browsing aja kasih LCD 15″ saya rasa sudah cukup.

3. Setelah itu pemilihan ISP. Yang paling kita tahu yang dari telkom itu, dengan semboyannya “speed that we can trust”. Yapz Speedy, tapi kadang kita terkecoh oleh iklan, karena berdasarkan pengalaman dan kebanyakan keluhan dari teman-teman ternyata speedy itu kurang baik, dan juga mahal. Ada lagi yang lebih murah dan lebih baik yaitu biznet dan fastnet. Tapi kekurangannya yang 2 terakhir itu terbatas hanya untuk kota-kota besar saja. Buat anda yang daerahnya merasa belum dilalui beberapa titik dari ISP itu, jangan khawatir tidak bisa ikutan mempunyai bisnis warnet, hal itu masih bisa dipecahkan dengan wireless. Siapa bilang wireless kurang baik, asalkan teknisinya bagus dan bertangan dingin, internet pakai wireless pun nggak mau kalah dengan yang pakai kabel kayak speedy dan yang lainnya.

Berita Warnet Lainnya